Saturday, March 8, 2014

Tips Jitu Jika Ponsel Tercebur Air

eTutoriall Tips Gadget - Pernahkah anda mengalami ponsel anda secara tidak sengaja tercebur kedalam bak mandi atau terkena air? pasti anda langsung panik jika hal ini terjadi, apalagi jika ponsel anda bukanlah termasuk kedalam jajaran ponsel yang kebal terhadap air atau istilah dalam bahasa keren atau bahasa gadgetnya disebut "waterproof" dan ponsel anda langsung koit, is dead, atau mati, agak nyesek bukan didada, namun jika dalam masa mendatang anda mengalami "musibah" tersebut kembali anda tidak perlu panik, karena anda masih dapat mencoba beberapa hal untuk setidaknya berusaha "menyelamatkan" ponsel anda dari musibah tersebut atau membiarkanya dan merelakanya pergi.






Tips Jitu Jika Ponsel Tercebur Air


Adapun beberapa Tips Jitu Jika Ponsel Tercebur Air yang dapat anda coba lakukan  untuk menyelamatkan ponsel jika tercelup air adalah sebagai berikut ini :

Tips Jitu Jika Ponsel Tercebur Air


Tips Jitu Jika Ponsel Tercebur Air :

  • Pada saat tercebur kedalam air, langsung angkat ponsel dari air dan tanpa berpikir-pikir panjang lagi, langsung cabut atau lepas saja baterai dari ponsel.
  • Setelah baterai terlepas kemudian mulailah untuk mempreteli satu persatu bagian-bagian ponsel anda, copotlah casing ponsel, sim card, kartu memori serta aksesoris-aksesoris yang menempel lainya.
  • Setelah itu kemudian cobalah keringkan ponsel dengan menggunakan panas cahaya lampu, blower atau hairdryer, atau menggunakan kompresol kecil, hindarilah mengeringkan ponsel menggunakan paparan sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan sel-sel warna pada layar menjadi rusak.
  • Laplah atau bersihkan titik-titik air yang tersisa pada ponsel menggunakan tissu
  • Teteskan cairan alkohol atau cairan anti karat pada lubang-lubang connector ponsel untuk menghindari terjadinya karatan
  • Gunakanlah beras untuk tahap selanjutnya, karena beras dapat menyerap sisa-sisa butiran air yang masih menempel didalam ponsel, Rendamlah/kuburlah/benamkanlah ponsel didalam beras selama 2 s/d 3 hari, kemudian bersihkanlah.
  • Setelah melakukan langkah-langkah diatas dengan baik, sekarang cobalah untuk menyalakan kembali ponsel anda, semoga saja berhasil.
  • Jika setelah melakukan langkah-langkah diatas belum berhasil juga, maka bawalah ponsel anda ke tempat service ponsel resmi dan bergaransi. hindari membawanya ke tukang service ponsel biasa karena biasanya dapat saja mereka menukar komponen-komponen asli ponsel anda.
  • Jika setelah membawanya ke service ponsel tidak kunjung menyala juga, maka sebaiknya anda merelakan ponsel anda dan membelinya dengan yang baru.

Semoga Tips Jitu Jika Ponsel Tercebur Air, diatas dapat bermanfaat bagi anda untuk menyelamatkan ponsel anda dari musibah tercelup air atau banjir atau hujan. untk mendapatkan tips seputar gadget dan komputer, resep masakan dan tips kesehatan lainya, simak terus blog eTutoriall.


(sumber : dari berbagai sumber)