Sunday, January 26, 2014

Tips Sederhana Cara Mengatasi Cegukan

eTutoriall Kesehatan - Cegukan atau Cegu'en (Jawa) bisa terjadi pada siapa saja tidak terbatas usia serta kelaminya, Cegukan biasanya terjadi secara tiba-tiba bahkan ketika kita sedang dalam keadaan mengunyah makanan hal ini akan menyebabkan dada merasa tersentak serta tenggorokan akan terasa mengganggu serta kurang nyaman.


Tips Sederhana Cara Mengatasi Cegukan


Berikut ini, eTutoriall Kesehatan akan mencoba memberikan Tips Sederhana Cara Mengatasi Cegukan agar cegukan dapat berhenti.


Tips Sederhana Cara Mengatasi Cegukan


Adapun beberapa Tips Sederhana Cara Mengatasi Cegukan yang dapat anda lakukan diantaranya adalah :

  • Letakkan jari kita ke langit-langit mulut, kemudian pijatlah dengan halus, langit-langit mulut tersebut. Cara lain adalah letakkan lidah di antara dua bibir dan tutup mulut.
  • Berbaringlah dengan posisi bagian lutut ditekuk ke arah perut, pertahankan posisi selama kurang lebih 1 menit.
  • Tekan Hidung dengan menggunakan satu tangan lalu tarik napas melalui mulut serta rapatkan mulut dan pastikan tidak ada udara masuk atau terhirup. tahan posisi ini selama kurang lebih satu menit atau hingga cegukan berhenti.
  • Usapkan es ke dagu dan minum beberapa tetes air es. Dilarang menelas es batu ketika cegukan, bisa salah masuk ke jalan napas dan dapat menyebabkan kondisi kritis.
  • Mengunyah serta menelan gula, Leher dongakkan sedikit kebelakang, kemudian masukkan gula pasir sesendok teh ke lidah kita, jangan ditelan. Telan air ludah yang terbentuk setelah gula ada di lidah. Setelah semua gula larut, minumlah setengah gelas air putih menurut penelitian gula mampu mengirim sinyal pada serabut syaraf untuk menghentikan lengkung reflek pemicu cegukan.
  • Minum segelas air secara perlahan serta biarkan air mengalir ke tenggorokan secara perlahan dan bertahap guna mengembalikan kestabilan diafragma.
  • Minum air perasan jeruk jeruk nipis atau jeruk lemon, atau bisa juga dengan cara menghisap daging jeruk nipis dengan lidah.
  • Tahan napas beberapa detik, sekitar 10 detik, kemudian bernapas biasa. Cara ini bisa diulang beberapa kali sampai cegukan berhenti
  • Untuk mengatasi cegukan pada bayi dan balita cukup dengan menggendongnya dalam posisi tegak sambil menepuk-nepuk perlahan bagian punggungya. Dalam seketika bayi akan bersendawa dan cegukannya pun hilang
Tips Sederhana Cara Mengatasi Cegukan


Itulah beberapa Tips Sederhana Cara Mengatasi Cegukan yang dapat anda lakukan, semoga dapat mengatasi cegukan atau cegu'en yang sedang sobat alami.
Simak terus Tips kesehatan, Tutorial, Resep Masakan serta Tips dan Trik terbaru lainya hanya di eTutoriall.


(sumber : dari berbagai sumber)