Sunday, January 26, 2014

Cara Mencegah Cegukan Pada Bayi

eTutoriall Kesehatan - Cegukan dapat menimpa siapa saja tidak mengenal jenis kelamin maupun usia bahkan sikecil buah hati anda sekalipun. Cegukan atau hiccups atau dalam bahasa medisnya disebut singultus adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma. Akibat kontraksi tersebut akan timbul hisapan udara secara mendadak masuk ke dalam paru melewati ruang antara pita suara (glottis), sehingga menyebabkan terjadinya suara hik yang khas. Kontraksi yang tiba-tiba tersebut terjadi akibat adanya rangsangan pada diafragma seperti makan terlalu cepat, minum air terlalu dingin, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras atau minum minuman yang beralkohol.

Cara Mencegah Cegukan Pada Bayi

Berikut ini eTutoriall akan mencoba memberikan sebuah Tips Cara Mencegah Cegukan Pada Bayi, semoga dapat bermanfaat.

Berikut ini beberapa Tips Untuk mencegah cegukan pada bayi anda, diantaranya adalah :
  • Jangan memberikan makan atau minum terlalu cepat
  • Berikanlah air putih satu sampai dua sendok teh kepada si bayi setelah minum susu.
  • Jangan megajak bercanda kepada si bayi sesaat setelah minum susu, berikanlah waktu istirahat sekitar setengah jam setelah si bayi minum susu.
  • Usahakan jangan memasukkan udara terlalu banyak saat minum susu.
  • Sendawakan si bayi setelah minum susu
  • Cek posisi menyusui Anda. Posisi menyusui yang benar adalah puting dan areola masuk ke mulut bayi, bayi berada dalam garis lurus dengan lengan bayi, serta perut bayi berhadapan dengan perut ibu
  • Bila bayi minum dari botol, perhatikan apakah botolnya memiliki regulator dan lubang pada dot bayi. Pilihlah botol dengan lubang dot yang lebih kecil agar bayi bisa mengatur ritme menyedot susu sehingga tidak cegukan.
  • Bila bayi sudah mendapat makanan pendamping ASI, berikan makanan dalam jumlah sedikit demi sedikit dan perlahan-lahan

Semoga Tips Cara Mencegah Cegukan Pada Bayi diatas dapat bermanfaat untuk anda, Terus Simak Tutorial, Tips dan Trik serta Resep-Resep Masakan Terbaru di eTutoriall.

(sumber : dari berbagai sumber)