Friday, January 17, 2014

Tips Mencegah Kanker Serviks

eTutorial Tips Kesehatan - Kanker Serviks atau Kanker Leher rahim merupakan slah satu jenis kanker ganas yang paling sering dijumpai pada organ reproduksi wanita yang terjadi pada bagian uterus vaginal dan serviks kanal. Kanker serviks biasanya 99,7 persen disebabkan oleh Human Papilonia Virus (HPV) onkogenik yang menyerang leher rahim.

Tips Mencegah Kanker Serviks


Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk  Mencegah Kanker Serviks, diantaranya adalah sebagai berikut :

Tips Mencegah Kanker Serviks


1. Melakukan Vaksin HPV

Melakukan Vaksin HPV merupakan cara yang ampuh untuk mencegah Kanker Serviks, namun cara ini harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat juga. karena percuma saja melakukan vaksin HPV apabila kita sendiri tidak atau kurang memperhatikan kesehatan kita sendiri.
Biasanya Vaksin HPV diberikan pada perempuan pada usia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak 3 kali yaitu pada bulan ke nol, satu dan enam.

2. Melakukan Tes Papsmear

Tips Mencegah Kanker Serviks


Dengan malakukan tes papsmear secara teratur akan menjadikan kita mengetahui lebih dini ketika muncul gejala dari Kanker Serviks agar dapat segera ditangani sehingga tidak terlambat serta tingkat keselamatan menjadi lebih tinggi.

3. Tidak Melakukan Hubungan Bebas

Jangan pernah sekali-kali mencoba untuk melakukan hubungan badan bebas, karena virus HPV dapat menular melalui hubungan badan yang tidak sehat. Salah satu penyebab timbulnya serta penularan kanker serviks adalah menggonta-ganti pasangan hubungan.

4. Jauhi Rokok

Tips Mencegah Kanker Serviks


Pernahkan sobat melihat pada bungkus rokok tertulis peringatan "merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin" hal ini memanglah sangat benar karena 30 persen dari semua penderita kanker merupakan perokok. penyebabnya adalah kandungan zat kimia yang terdapat didalam rokok dapat memicu infeksi virus penyebab kanker serviks.

5. Jangan Gunakan Pembalut yang Mengandung Bahan Dioksin

Dioksin merupakan bahan pemutih yang digunakan untuk memutihkan pembalut hasil daur ulang dari barang bekas.

6. Basuh Kemaluan dengan Air Bersih

Selau jaga kebersihan kemaluan anda, selalu basuh kemaluan dengan air bersih setelah buang air atau pada saat mandi, hindari membasuh kemaluan dengan air yang tidak bersih misalnya pada toilet-toilet umum yang tidak terawat keberadaanya karena air yang tidak bersih merupakan sarang bagi kuman serta bakteri yang berbahaya.

7. Biasakan Pola Hidup Sehat 

Membiasakan pola hidup yang sehat merupakan faktor utama pencegah kanker serviks. Menjauhi rokok serta alkohol, rajin berolahraga secara teratur serta mengkonsumsi makan-makanan yang sehat.

8. Hindari Produk Kimia yang Berbahaya

Kehidupan modern yang bersifat instans justru memicu timbulnya kanker. Kandungan berbahaya yang terdapat di dalam pembungkus dan bahan plastik yang terkena panas memicu timbulnya kanker. Minimalisir penggunaan sterofom, bahan plastik yang dipanaskan atau terkena plastik.

Tips Mencegah Kanker Serviks


Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para wanita untuk mencegah kanker serviks, selalu menjaga kesehatan dan kebersihan organ kemaluan, membiasakan pola hidup sehat dan lakukan Tips Mencegah Kanker Serviks diatas dapat mengurangi resiko anda terkena kanker serviks.

Simak terus Tips-Tips kesehatan, maupun Tutorial serta Resep-Resep lainya hanya di blog eTutoriall.

(sumber : dari berbagai sumber)