Sunday, January 26, 2014

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

eTutoriall Kesehatan - Cegukan dapat menimpa siapa saja tidak mengenal jenis kelamin maupun usia bahkan sikecil buah hati anda sekalipun. Cegukan atau hiccups atau dalam bahasa medisnya disebut singultus adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma. Akibat kontraksi tersebut akan timbul hisapan udara secara mendadak masuk ke dalam paru melewati ruang antara pita suara (glottis), sehingga menyebabkan terjadinya suara hik yang khas. Kontraksi yang tiba-tiba tersebut terjadi akibat adanya rangsangan pada diafragma seperti makan terlalu cepat, minum air terlalu dingin, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras atau minum minuman yang beralkohol.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi


Cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya atau hilang saat si kecil tidur meskipun ada beberapa cara untuk mempercepat menghentikan cegukan. Anda tidak perlu panik saat sibuah hati mengalami cegukan, karena cegukan merupakan sebuah indikasi suatu penyakit yang sangat seriusnamun Cegukan yang berlangsung lebih dari satu jam harus tetap diwaspadai dan sebaiknya segera meminta pertolongan dokter untuk memastikan apakah terdapat kelainan. Kelainan yang dapat menimbulkan cegukan antara lain adanya gangguan saraf diafragma, radang paru, kelainan di otak seperti tumor, penyakit ginjal atau gangguan keseimbangan elektrolit. lalu apa yang dapat dilakukan saat si buah hati mengalami cegukan? berikut ini eTutoriall akan mencoba memberikan sebuah Tips Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi, semoga dapat bermanfaat dalam mengatasi cegukan pada buah hati anda.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi


Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi anda, diantaranya adalah :
  • Sandarkan bayi tegak menghadap Anda dengan kepala di bahu Anda, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut, seperti ketika Anda menyendawakannya. Tindakan ini bisa mendorong udara ke atas dan menghentikan cegukan.
  • Tidur berbaring dengan lutut ditekuk
  • Beri Makan sesendok gula
  • Letakkan kantong kertas di depan mulut dan mencoba bernapas dari kantong kertas itu selama beberapa menit.
  • Cek posisi menyusui Anda. Posisi menyusui yang benar adalah puting dan areola masuk ke mulut bayi, bayi berada dalam garis lurus dengan lengan bayi, serta perutbayi berhadapan dengan perut ibu
  • Bila ia cegukan saat menyusu, coba ubah posisi menyusui dan terus susui sampai cegukan hilang, bila cegukan terus terjadi, hentikan dulu kegiatan menyusunya. 
  • Bila bayi minum dari botol, perhatikan apakah botolnya memiliki regulator dan lubang pada dot bayi. Pilihlah botol dengan lubang dot yang lebih kecil agar bayi bisa mengatur ritme menyedot susu sehingga tidak cegukan.
  • Bila bayi sudah mendapat makanan pendamping ASI, berikan makanan dalam jumlah sedikit demi sedikit dan perlahan-lahan

Semoga Tips Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi diatas dapat bermanfaat untuk anda, Terus Simak Tutorial, Tips dan Trik serta Resep-Resep Masakan Terbaru di eTutoriall.

(sumber : dari berbagai sumber)