Monday, February 17, 2014

Tips Melatih Daya Ingat Pada Bayi

eTutoriall Tips Kesehatan - Daya ingat sangat erat kaitanya dengan memory serta kecerdasan. Kemampuan mengingat pada anak merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan anak. Setiap orang tua tentu menginginkan memiliki anak yang cerdas serta memiliki daya ingat yang kuat. Daya ingat pada anak dapat dilatih bahkan sejak anak masih didalam usia kandungan dan sejak ia dilahirkan dengan melakukan stimulasi-stimulasi yang tepat. berikut ini eTutoriall Tips Kesehatan akan memberikan kepada anda Tips Melatih Daya Ingat Pada Bayi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan sibuah hati.




Tips Melatih Daya Ingat Pada Bayi


Tapi tunggu dulu ya, Sebelum kita masuk ke pembahasan inti mengenai Bagaimana Cara melatih daya ingat pada bayi anda, ada baikya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis ingatan yang ada pada sibuah hati anda.

Tips Melatih Daya Ingat Pada Bayi


Jenis-Jenis Ingatan pada Bayi :
  • Ingatan Visual : mengingat dengan penglihatan seperti misalnya mengingat atau mengenali wajah orang.
  • Ingatan Auditif : mengingat lewat suara seperti misalnya mengingat namanya sendiri, nama ayah serta ibundanya, nama orang lain serta lagu.
  • Ingatan Olfactory : mengingat bau dan rasa contohnya mengingat bagaimana rasa susu.
  • Ingatan Kinestetik : mengingat gerakan seperti menggoyang mainan, menggerakkan tangan atau kaki untuk melakukan sesuatu.
  • Ingatan Semantic : meningat bahasa dan arti seperti huruf, kata serta kalimat.

Nah itulah tadi beberapa jenis ingatan yang dapat dilakukan oleh bayi anda, sekarang kita akan memasuki area bagaimana cara melatih daya ingat pada bayi anda, selamat mempraktekkanya langsung ya.

Tips Melatih Daya Ingat Pada Bayi


  • Melatih Daya Ingat Pada Bayi melalui kontak mata : Tatap mata buah hati anda dengan lembut dan antusias ketika Anda memberinya intruksi atau mengatakan sesuatu agar ia mudah mengingatnya.
  • Melatih Daya Ingat Pada Bayi melalui Permainan : Anak Anda pasti senang bermain dan mendapat manfaat dari bermain yang merangsang daya ingat, selama Anda memainkannya dengan santai dan senang. Misalnya, menyembunyikan mainan dengan menutupinya menggunakan kain, bermain sulap-sulapan atau permainan yang melibatkan panca indra. Misalnya, melihat, menyentuh, mencium dan mendengarkan suara.
  • Melatih Daya Ingat Pada Bayi melalui nama-nama : Ucapkan nama-nama benda disekitar dengan jelas, seperti meja, gelas, cangkir, agar ia dapat mengingat benda dan namanya. Juga nama orang-orang di sekelilingnya seperti nama ayahnya, ibunya, nenek serta kakeknya serta nama-nama lainya.
  • Melatih Daya Ingat Pada Bayi dengan cara melihat-lihat isi buku bergambar atau album foto : sesering mungkin sambil menunjuk, dan menyebutkan nama gambar dalam buku dan nama orang-orang pada album foto.
  • Melatih Daya Ingat Pada Bayi dengan cara mengajarkanya doa-doa sederhana, huruh serta angka : bimbing bayi anda untuk mengikuti doa sehari-hari yang anda ucapkan seperi doa hendak tidur, doa bangun tidur, bimbing bayi anda juga untuk mengucapkan huruf hijaiyah, huruf abjad serta angka-angka yang anda ucapkan secara berurutan untuk melatih daya ingat sibuah hati anda.
  • Melatih Daya Ingat Pada Bayi melalui lagu-lagu anak maupun surat-surat pendek dalam al-qur'an : selalu nyanyikan lagu anak-anak sederhana maupun bacaan surat-surat pendek didalam al-qur'an seperti surat al-ikhlas ketika anda sedang bersantai pada bayi anda seperti ketika anda sedang menyusuinya atau ketika ia hendak tidur.
  • Melatih Daya Ingat Pada Bayi melalui melalui motivasi-motivasi : ketika bayi hendak maupun sedang tertidur ataupun ketika anda sedang bersantai bersamanya, usahakan untuk mengucapkan kata-kata motivasi kepadanya sambil mengusap-usap kepala maupun ubun-ubun bayi anda bisa anda lakukan sambil meniup-niup ubun-ubun bayi anda katakan bahwa ia adalah anak yang pintar, anak yang sholeh dan kata-kata motivasi lainnya.
  • Selalu doakan yang terbaik untuk bayi anda : karena doa orang tua pada anaknya adalah doa yang sangat manjur dan mustajab serta tidak tertolak.

Semoga Tips Melatih Daya Ingat Pada Bayi diatas dapat bermanfaat bagi anda dan buah hati tersayang, selamat mempraktekkanya pada buah hati anda. untuk Tips Kesehatan, Resep Masakan serta Tutorial lainya terus simak blog eTutoriall.


(sumber : dari berbagai sumber)