Friday, February 7, 2014

Tips Kesehatan Mencegah Kanker Otak atau Tumor Otak

eTutoriall Tips Kesahatan - Dalam beberapa tahun terakhir, kanker otak atau juga disebut sebagai tumor otak telah menjadi salah satu penyakit yang membahayakan kesehatan serta kehidupan masyarakat, kanker otak menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan berbagai kesulitan lainnya.





Tips Kesehatan Mencegah Kanker


Agar terhindar dari kanker otak, kita dapat melakukan tindakan pencegahan terhadap kanker otak, berikut ini Tips Kesehatan Mencegah Kanker Otak atau Tumor Otak yang dapat anda lakukan :

1. Waspada Terhadap Radiasi Benda-benda Elektronik Seperti Ponsel

Tips Kesehatan Mencegah Kanker


Badan kesehatan internasional, WHO mengungkapkan bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Berkomunikasi melalui telepon lebih dari 15 menit tanpa menggunakan headhone, earphone ataupun handsfree dapat meningkatkan resiko kanker otak.

Tips Kesehatan Mencegah Kanker


Gunakanlah selalu alat bantu ketika hendak menelepon dalam waktu yang cukup lama untuk mengurangi dampak panas serta radiasi yang akan ditimbulkanya.

2. Hindari Beban Pikiran dan Stress Berat

Tips Kesehatan Mencegah Kanker


Stress berat yang berlangsung terus menerus dapat memicu anda untuk terserang kanker otak. Jika anda sudah merasa lelah dan penat maka beristirahatlah yang cukup serta sisihkan waktu anda untuk melakukan refreshing.

3. Hindari Begadang serta Atur Pola Tidur

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of cologne menyimpulkan bahwa begadang dapat menyebabkan penyakit kanker.

4. Konsumsi Makanan Kaya Serat dan Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Tips Kesehatan Mencegah Kanker


Buah dan Sayur merupakan makanan yang kaya akan serat. memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk mencegah kanker.
Lemak dapat menyebabkan banyak masalah dalam tubuh. termasuk salah satunya adalah sebagai pemicu kanker. Untuk itu, hindarilah makan makanan yang berlemak tinggi.

5. Hindari Zat-zat Karsinogenik

Zat karsinogenik merupakan zat penyebab kanker, zat ini juga bisa dihasilkan dari proses pemasakan dengan cara digoreng, ditumis atau dibakar. Pada proses pemasakan tersebut, minyak atau lemak bisa berubah menjadi zat karsinogen. Minyak goreng yang digunakan secara berulang-ulang juga dapat menjadi zat karsinogen. usahakan anda memasak dengan cara mengukus atau merebus. Buah dan sayuran non-organik juga kemungkinan bersifat karsinogen.

6. Rutin Berolahraga 

Berolahraga merupakan cara pencegahan paling ampuh terhadap serangan penyakit apapun. Menurut penelitian, aktivitas yang tinggi seperti olahraga dapat menurunkan resiko kanker dan membuat kanker tidak datang kembali. sesibuk apapun anda, usahakan untuk tetap melakukan olahraga agar kesehatan senantiasa terjaga.

7. Konsumsi Makanan Anti Kanker serta Antioksidan

Konsumsilah makanan yang mengandung zat anti kanker serta antioksidan. Adapun zat anti kanker terdapat pada bawang putih dan makanan yang mengandung omega 3. Kandungan anti kanker dalam bawang putih efektif mengontrol kecenderungan kanker dalam sel-sel tubuh. Sementara makanan yang mengandung omega 3 lainnya yaitu minyak biji rami dan kenari. Biji rami kaya akan serat dan asam linolenic alfa (ALA) yang efektif melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan zat antioksidan pada makanan dapat membantu melancarkan peredaran darah pada saraf otak hingga bisa menghindari berlangsungnya penyempitan ataupun terjadi penyumbatan pada pembuluh darah.
Makanan yang mengandung zat antioksidan diantaranya kurma, buah jeruk, buah strawberry, kismis, buah plum ,anggur merah serta sayur dan buah yang mengandung vitamin A, C, dan E. Pada kacang kenari, kandungan antioksidannya dua kali lipat lebih besar dari jenis kacang lainnya.

8. Jauhi Rokok serta Alkohol

Tips Kesehatan Mencegah Kanker


Rokok serta alkohol merupakan sumber  penyebab berbagai penyakit tak terkecuali untuk penyakit kanker. Meninggalkan kebiasaan merokok dan minum alkohol serta berusaha menjauh dari orang yang sedang merokok adalah upaya baik untuk mencegah kanker.

9. Hindari makanan yang Dibakar, Diasap, Digoreng ataupun Diasamkan

Salah satu enyebab kanker adalah makanan yang diasap, dibakar, atau diasamkan. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari makanan-makanan tersebut atau paling tidak jangan terlalu sering mengkonsumsinya karena Makanan tersebut beresiko menimbulkan kanker.


Semoga Tips Kesehatan Mencegah Kanker Otak diatas dapat bermanfaat bagi kita semua agar terhindar dari penyakit kanker, sayangilah dan jagalah diri anda mulai dari sekarang.
Untuk Tips Kesehatan, Tutorial, serta Resep masakan lainya simak terus blog eTutoriall.


(sumber : dari berbagai sumber)