Tuesday, February 11, 2014

Tips Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

eTutoriall Tips Kesehatan - Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi adalah kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik 100–140 mmHg dan diastolik 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi apabila tekanan darah pada saat sistolik dan diastolik terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.





Tips Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi


Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi merupakan salah satu faktor resiko untuk terjadinya stroke, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arterial, dan merupakan penyebab utama gagal jantung kronis.

Pada artikel berikut ini eTutoriall akan mencoba membagikan kepada anda Tips Cara Mencegah Darah Tinggi semoga artikel ini dapat membantu anda agar terhindar dari Tekanan Darah Tinggi.

Tips Cara Mencegah Darah Tinggi :

1. Kurangi Mengkonsumsi Garam


Tips Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi


Mengkonsumsi garam berlebih akan membuat pembuluh darah pada ginjal menyempit dan menahan aliran darah. Untuk itulah, ginjal memproduksi hormon Renin dan Angiostenin agar pembuluh darah utama mengeluarkan tekanan darah yang besar sehingga pembuluh darah pada ginjal bisa mengalirkan darah seperti biasanya.Tekanan darah yang besar dan kuat ini menyebabkan seseorang menderita hipertensi. Mengurangi konsumsi garam sejak dini akan mengurangi resiko terkena hipertensi, penyakit ginjal, dan tentu saja penyakit jantung koroner.

2. Kurangi Makan dan Minum yang Mengandung Alkohol

Makan dan Minum yang Mengandung Alkohol akan meningkatkan tekanan darah, lalu merusak dinding pembuluh darah.

3. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga merupakan cara pencegahan paling ampuh terhadap serangan penyakit apapun. olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang dapat mengurangi resiko terkena Tekanan darah tinggi . sesibuk apapun anda, usahakan untuk tetap melakukan olahraga agar kesehatan senantiasa terjaga.

4. Makan Makanan yang Berserat

Buah-buahan dan Sayur-sayuran merupakan makanan yang kaya akan serat. memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk mengurangi resiko terkena Tekanan Darah Tinggi.

5. Hindari Stress dan Emosi

Stress berat dan Emosi yang berlangsung terus menerus dapat memicu terjadinya resiko Tekanan Darah Tinggi. Jika anda sudah merasa lelah dan penat maka beristirahatlah yang cukup serta sisihkan waktu anda untuk melakukan refreshing. Bila Perlu Jalankan terapi anti stres agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda.

6. Jauhi Merokok

Menjauhi merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

7. Kendalikan Kadar Kolesterol, Berat Badan serta Diabetes Anda

Mengendalikan Kadar Kolesterol serta Diabetes Anda juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi resiko terkena Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi.

8. Lakukanlah Pengecekan Tekanan Darah Secara Rutin

Dengan Melakukan Pemeriksaan darah secara rutin, anda akan mengetahui berapa tekanan darah secara teratur sehingga anda dapat segera melakukan pemeriksaan ke dokter.


Semoga Tips Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi dapat bermanfaat bagi anda agar dapat terhindar dari Hipertensi. Tetaplah jaga kesehatan anda istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur. untuk Tips Kesehatan, Tips Kecantikan, Resep Masakan, Tutorial, Tips dan Trik Terbaru lainya hanya di blog eTutoriall.


(sumber : dari berbagai sumber)