Saturday, February 8, 2014

Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir

eTutorial Tips Kesehatan - Wasir atau ambeien atau hermorhoid adalah gangguan yang terjadi pada anus, berupa pembengkakan atau benjolan atau peradangan pada dinding anus, pada kasus tertentu, wasir atau ambeien ini disertai dengan pendarahan.





Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir


Wasir bukanlah sebuah penyakit yang mematikan namun wasir merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh orang pada umumnya dan pada umumnya akan sangat mengganggu dan membatasi aktifitas anda, sehingga anda akan merasa kurang nyaman.

Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir


Berikut ini eTutoriall akan membagikan kepada anda bagaimana Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir.

Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir :

Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah ambeien atau wasir :

1. Olahraga yang Teratur dan Banyak Bergerak

Olahraga yang teratur merupakan salah satu metode yang paling ampuh mencegah berbagai penyakit yang dapat timbul termasuk salah satunya adalah penyakit wasir atau ambeian. Orang yang kurang bergeraka atau beraktifitas akan memiliki kecenderungan terkena wasir lebih besar. usahakan berolahraga ringan setiap harinya, atau paling tidak minimal 3-5 kali dalam seminggu.

2. Perbanyak Minum Air Putih dan Makan Makanan Berserat

Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir


Air putih ternyata banyak sekali memiliki manfaat bagi tubuh anda, dengan banyak minum air putih akan melancarkan sistem pencernaan tubuh anda serta dapat menghindarkan sembelit atau susah bunag air besar sehingga akan mengurangi resiko anda terkena penyakit wasir atau ambeien.
Makanan berserat juga akan sangat membantu dalam proses pencernaan sehingga akan menyebabkan BAB anda menjadi lancar.
3. Usahakan Buang Air Besar dengan Lancar

Susah atau tidak lancar dalam buang air besar atau mengejan saat buang air besar dapat menyebabkan pembesaran pembuluh darah di anus yang menyebabkan wasir. oleh karena itu, usahakan untuk buang air besar secara teratur dan lancar. perbanyak minum air putih dan makan makanan yang berserat agar buang air besar lancar.

4. Hindari Duduk Terlalu Lama

Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir


Duduk terlalu lama dapat menimbulkan tekanan pada anus sehingga memicu wasir. Cobalah untuk tidak duduk saat melakukan kegiatan yang bisa dilakukan sambil berdiri.
Kalaupun pekerjaan Anda mengharuskan untuk banyak duduk, sering-seringlah menyempatkan untuk berdiri.

5. Hindari Terlalu Lama Asyik di Toilet

Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir


Banyak orang sekarang ketika sedang buang air besar terlalu lama dan terlalu asyik ditoilet sambil merokok, membaca koran atau memainkan smartphone. padahal terlalu asyik ditoilet dengan barang-barang tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya wasir, karena anda akan menjadi terlalu lama jongkok ditoilet. oleh karena itu hindarilah membawa barang-barang tersebut ketika anda sedang berada ditoilet.

Semoga Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir diatas dapat bermanfaat bagi anda sehingga anda dapat terhindar dari penyakit wasir.
Untuk Tips Kesehatan, Resep Masakan, Tutorial serta Tips dan Trik lainya anda dapat terus mengikuti blog eTutoriall.


(sumber : dari berbagai sumber)