Monday, February 17, 2014

Cara Membuat Minyak Kelapa Cara Kering ( Dry Process)

eTutoriall Tips Kesehatan - Minyak Kelapa atau ( Virgin Coconut Oil ) merupakan minyak yang dibuat dari daging buah kelapa segar yang diproses dengan metode pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan. Minyak Kelapa Alami sangat banyak sekali manfaatnya baik untuk kesehatan maupaun kecantikan.
Ada beberapa cara atau metode yang dapat anda lakukan untuk membuat minyak kelapa alami ( virgin coconut oil ) atau disingkat VCO diantaranya adalah Cara Membuat Minyak Kelapa Cara Kering (Dry Process) .






Cara Membuat Minyak Kelapa Cara Kering ( Dry Process)


Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Cara Kering ( Dry Process) :

Pada Cara Membuat Minyak Kelapa Cara Kering ( Dry Process) dapat digunakan dua metode atau cara yaitu Cara Press serta Cara Ekstraksi Pelarut :

A. Cara Press

Cara Press dilakukan terhadap daging buah kelapa kering (kopra).


Cara Membuat Minyak Kelapa Cara Kering ( Dry Process)


1. Kopra dicacah kemudian dihaluskan menjadi serbuk kasar

2. Serbuk kopra dipanaskan kemudian dipress sehingga mengeluarkan minyak. karena ampas yang dihasilkan masih mengandung minyak, giling ampas sampai halus kemudian dipanaskan dan dipress untuk mengeluarkan minyaknya.

3. Minyak yang terkumpul kemudian diendapkan serta disaring.

4. Kemudian minyak hasil penyaringan diberikan perlakuan seperti berikut :
  • Penambahan senyawa alkali (KOH atau NaOH) untuk netralisasi (menghilangkan asam lemak bebas)
  • Penambahan bahan penyerap warna, biasanya menggunakan arang aktif atau bahan bentonit agar dihasilkan minyak yang jernih dan bening.
  • Pengaliran uap air panas kedalam minyak untuk menguapkan serta menghilangkan senyawa-senyawa penyebab bau yang tidak dikehendaki.
  • Minyak yang telah bersih, jernih serta tidak berbau dikemas kedalam botol.

Cara Membuat Minyak Kelapa Cara Kering ( Dry Process)


B. Cara Ekstraksi Pelarut

Cara ini menggunakan cairan pelarut yang dapat melarutkan minyak. pelarut yang digunakan bertitik didih rendah, mudah menguap, tidak berinteraksi secara kimia dengan minyak serta residunya tidak beracun. 

Cara Membuat Minyak Kelapa Cara Kering ( Dry Process)

  • Kopra dicacah, kemudian dihaluskan menjadi serbuk. 
  • Serbuk kopra ditempatkan pada ruang ekstraksi, sedangkan pelarut pada ruang penguapan. Kemudian pelarut dipanaskan sampai menguap. Uap pelarut akan naik ke ruang kondensasi. Kondensat (uap pelarut yang mencair) akan mengalir ke ruang ekstraksi dan melarutkan lemak serbuk kopra. Jika ruang ekstraksi telah penuh dengan pelarut, pelarut yang mengandung minyak akan mengalir (jatuh) dengan sendirinya menuju ruang penguapan semula. 
  • Di ruang penguapan, pelarut yang mengandung minyak akan menguap, sedangkan minyak tetap berada di ruang penguapan. Proses ini berlangsung terus menerus sampai 3 jam. 
  • Pelarut yang mengandung minyak diuapkan. Uap yang terkondensasi pada kondensat tidak dikembalikan lagi ke ruang penguapan, tapi dialirkan ke tempat penampungan pelarut. Pelarut ini dapat digunakan lagi untuk ekstraksi. penguapan ini dilakukan sampai diperkirakan tidak ada lagi residu pelarut pada minyak. 
  • Selanjutnya, minyak dapat diberi perlakuan netralisasi, pemutihan dan penghilangan bau.


Semoga Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Cara Kering ( Dry Process) dapat bermanfaat bagi anda serta selamat mencobanya dirumah anda masing-masing. Untuk Tutorial, Tips dan Trik, Resep Masakan serta Tips Kesehatan lainya, terus simak blog eTutoriall.


(sumber : dari berbagai sumber)