Monday, December 30, 2013

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

eTutorial - Pernahkah kita mendengar sebuah semboyan "Mens sana in Corpore Sano", Ya pada saat SD kita akan sering sekali mendengar ungkapan dari kalimat tersebut. "Mens sana in Corpore Sano" merupakan sebuah ungkapan didalam bahasa latin yang berarti "Didalam Tubuh yang sehat terdapat Jiwa yang Sehat", di indonesia, ungkapan "Mens sana in Corpore Sano" digunakan sebagai jargon Olahraga.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh


Dari ungkapan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa "untuk menciptakan sebuah jiwa yang sehat maka kita perlu terlebih dahulu menciptakan tubuh yang sehat atau sebaliknya", oleh karena itu kita sangat perlu untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita agar jiwa kita juga tetap sehat.bisakah anda bayangkan kalau saja seandainya jiwa kita tidak sehat? tentu bisa bukan.
pada kali ini eTutorial akan mencoba membagikan beberapa Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang mungkin akan sedikit berguna atau bermanfaat agar tubuh kamu tetap sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh


Berikut ini beberapa Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang akan eTutorial sampaikan pada kesempatan kali ini :

1. Pastikan Makanan serta Minuman kamu sehat

Makanan dan minuman merupakan hal yang sangat tidak bisa dipisahkan dari manusia, karena semua manusia pasti sangat tergantung dan membutuhkanya. oleh karena itu salah satu Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yaitu makanan dan minuman sehat, pastikan setiap makanan dan minuman yang kamu makan sehat, higienis dan telah matang sempurna karena makanan merupakan sumber energi didalam tubuh, jadi makanan dan minuman memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

2. Makanlah makanan yang berserat

Usahakan kebutuhan akan makanan yang berserat terpenuhi setiap harinya bagi tubuh anda untuk menjaga kesehatan tubuh, karena dengan terpenuhinya makanan yang berserat setiap harinya, ini akan menjaga tubuh anda dari serangan bakteri. beberapa contoh dari makanan yang berserat diantaranya berbagai buah-buahan seperti alpukat, apel, wortel, kacang-kacangan serta aneka sayur-mayur seperti kol, kentang, bayam dan lain sebagainya.

3. Aturlah Pola Makan anda Teratur dan seimbang

Mulai sekarang berusahalah untuk mengatur dan menyeimbangkan pola makan anda, karena dengan pola makan yang teratur dan seimbang, anda akan terhindar dari kasus kelaparan dan kurang gizi. selain itu perhatikan pula porsi makanan yang anda makan jangan berlebihan untuk menghindari terjadinya kasus kekenyangan dan obesitas.
pernahkah anda mendengar sebuah hadist dari nabi "makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang", jika kita mencermati dan memahami hadist ini, maka kita akan selalu diajarkan untuk selalu mengatur pola makan dan tidak berlebihan.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh


4. Penuhi 4 Sehat 5 Sempurna

Untuk memenuhi keseimbangan dan kebutuhan gizi kamu jangan lupa selalu memperhatikan kandungan makanan yang kamu makan usahakan setiap harinya selalu terpenuhi akan 4 Sehat 5 Sempurna, apa sajakah sih makanan 4 Sehat 5 Sempurna itu?
Pada Tips Menjaga Kesehatan Tubuh kali ini eTutorial memberikan contoh apa sajakah makanan 4 Sehat 5 Sempurna itu :

a. Makanan Pokok merupakam Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari sebagai sumber energi. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.

b. Lauk Pauk yang memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain

c. Sayur-Sayuran yang memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur dan serat pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.

d. Buah-buahan yang memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur dan vitamin pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.

e. Susu merupakan Penyempurna di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.

6. Penuhi cairan didalam tubuh

Karena 70% tubuh kita terdiri dari cairan, maka konsumsi cairan untuk tubuh kita harus selalu kita jaga eksistensinya karena cairan didalam tubuh kita akan selalu dikeluarkan setiap harinya baik itu melalui keringat atau urine. oleh karena itu kita harus selalu menjaga agar tubuh kita tidak sampai kekurangann cairan. minimal dalam sehari agar kebutuhan cairan dalam tubuh kita terpenuhi, minumlah air putih kurang lebih 2 Liter perhari, karena dengan minum air putih 2 liter perhari, maka insyaalloh kebutuhan cairan didalam tubuh kita akan terpenuhi.

7. Istirahat dan tidur yang cukup


Selalu ingat bahwa tubuh anda bukan robot yang mampu 24 jam bekerja tanpa lelah, tubuh anda dapat mengalami kelelahan dan tubuh dan pikiran anda perlu istirahat. dengan tercukupinya waktu istirahat, maka kebugaran dan daya tahan tubuh anda akan selalu terjaga.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh


Usahakan anda tidur nyenyak 8 jam setiap harinya, jangan berlebihan tidur karena tidur yang berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan anda. ingat sebuah nasehat bahwa "Aku (ALLOH) menjadikan malam sebagai selimut bagimu dan siang untuk mencari maisyah (rizky) bagimu", jadi gunakanlah waktu istirahat kamu sebaik mungkin, jangan pernah memaksakan tubuh anda.

8. Olahraga yang teratur

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh


Usahakan setiap harinya anda selalu melakukan olahraga secara teratur, tidak perlu olahraga yeng berat-berat cukup olahraga dengan aktifitas ringan saja seperti berjalan-jalan,lari-lari maupun bersepeda dipagi ataupun sore hari. hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar tubuh anda selalu bugar, sehat dan fit.

Itulah tadi beberapa Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang dipersembahkan oleh eTutorial semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi tubuh anda ingat selalu semboyan "Mens sana in corpore sano" agar tubuh dan jiwa kita tetap sehat serta selalu ingat bahwa berlebihan itu tidak baik serta selalu biasakan untuk hidup sehat mulai dari sekarang.

Untuk mendapatkan Tutorial dan Tips lainya pantau terus ya eBlog eTutorial ini.