Wednesday, June 18, 2014

Tips Resep Membuat Cake

Resep Kue - eTutoriallTips Resep Membuat Cake, Ternyata dalam membuat cake juga terdapat beberapa tips yang dapat anda jadikan sebuah panutan untuk mendapatkan hasil cake yang sesuai dengan keinginan anda. berikut ini eTutoriall akan mencoba memberikan beberapa tips membuat cake yang dapat anda coba dirumah semoga dapat bermanfaat bagi anda.




Tips Resep Membuat Cake


Tips Resep Membuat Cake :

- Sebelum memulai membuat cake, anda sebaiknya terlebih dahulu berkenalan dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cake seperti telur, gula, tepung terigu, mentega, pengembang serta oven yang akan anda gunakan.

- Kocoklah telur dengan menggunakan peralatan yang kering serta bebas dari lemak. telur yang dipakai dalam membuat cakepun harus segar dan bersuhu ruangan, bila telur anda disimpan didalam lemari pendingin, maka biarkan terlebih dahulu hingga tidak dingin lagi.

- Dalam istilah "kocok telur sampai mengembang" itu artinya kocok telur bersama dengan gula sampai kental serta pucat. hal tersebut ditandai dengan jejak pada permukaan adonan ketika sendok disendokkan padapermukaan adonan bila jejak tersebut tidak segera hilang dari permukaan adonan, berarti adonan sudah cukup kental.

- Janganlah mengocok mentega bersamaan dengan telur sekaligus, karena adonan tidak akan menyatu. Namun cara yang benar adalah dengan memasukkan telur satu persatu selama mentega dikocok.

- Pakailah gula kastor/caster gula (gula berbutir halus). karena gula ini mudah hancur dan dapat dengan cepat larut kedalam adonan.

- Dalam mencampurkan tepung terigu kedalam adonan telur sebaiknya menggunakan sendok kayu. jangan dikocok menggunakan mixer, walaupun kecepatanya rendah sekalipun. karena udara akan "lari" sehingga adonan akan menjadi tidak mengembang sempurna. bila diaduk dengan menggunakan sendok kayu, udara akan terperangkap masuk kedalam adonan.

- Dalam melelehkan mentega, gunakanlah api yang kecil sampai sebagian sebagian besar meleleh, kemudian segeralah angkat dan diaduk. bila sudah mulai dingin, tuang sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diaduk-aduk ringan.

- Lapisi loyang dengan menggunakan margarin dan alasi dengan menggunakan kertas roti, kemudian oleskan kembali margarin tipis-tipis. jangan menaburi bagian dalam loyang dengan menggunakan tepung terigu, karena akan menyebabkan terbentuknya lapisan yang mudah terkelupas sehingga cake akan menjadi tidak bagus.

- Janganlah memasukkan cake saat suhu yang dimaksud belum tercapai, karena akan menyebabkan cake menjadi bantat tidak mengembang. panaskanlah oven minimal 15 menit pada suhu yang diinginkan, setelah itu baru masukkan cake. jangan membuka pintu oven selama 15 menit pertama supaya cake dapat mengembang sempurna.

- Untuk menguji kematangan cake, tusukkan lidi pada cake kemudian lihat pada permukaan lidi, bila lidi masih basah, tandanya cake belum matang. teruskanlah memanggang sampai cake benar-benar matang.

Semoga Tips dalam membuat Cake diatas dapat bermanfaat bagi anda dirumah, selamat berkreasi. untuk mendapatkan tips memasak, resep masakan, tips kesehatan, tutorial komputer dan tips-trik lainya, simak terus blog eTutoriall.